☆ pr0 c0mp ☆

Desember 22, 2011

DEMAM BERDARAH

WASPADA DENGAN DEMAM BERDARAH

Musim hujan telah tiba, masyarakat diminta waspada terhadap Demam Berdarah Dengue. Untuk mengindari penyakit yang belum ada obat maupun vaksinnya ini, masyarakat diminta menjaga kebersihan lingkungan, melakukan pemberantasan jentik nyamuk dengan 3M Plus (mengubur, menguras dan menutup plus hindari gigitan nyamuk).



♣  Tanda atau gejala DBD yang muncul seperti bintik-bintik merah pada kulit. Selain itu suhu badan lebih dari 38OC, badan terasa lemah dan lesu, gelisah, ujung tangan dan kaki dingin berkeringat, nyeri ulu hati, dan muntah. Dapat pula disertai pendarahan seperti mimisan dan buang air besar bercampur darah serta turunnya jumlah trombosit hingga 100.000/mm3. Tidak perlu menunggu semua gejala ini muncul, bila menemukan beberapa tanda segera periksakan ke dokter atau sarana kesehatan terdekat.

Pertolongan pertama pada penderita dapat dilakukan dengan memberikan minum sebanyak-banyaknya (air masak, air dalam kemasan, air teh, dsb), mengompreskan air dingin pada penderita, serta memberikan obat penurun panas. Bila ada riwayat kejang, berikan obat anti kejang.

Kegiatan Forum Warga Perum. Bumi Banjararum Asri, Singosari, Kab. Malang yang telah dilakukan dalam membasmi nyamuk Demam berdarah pada bulan Desember 2011

Pengobatan Tradisional

Dari literature yang kami baca ,Kami mencoba menyajikan resep-resep tradisional yang bisa anda manfaatkan untuk pengobatan
Daun pepaya bisa untuk obat DB
Cara membuat harus di juice sbb:
♣ 2 helai daun pepaya dibersihkan, ditumbuk dan diperas dengan saringan kain
♣ Akan didapatkan 1 sendok makan per helai daun
♣ Takarannya 2 sendok makan 1 kali sehari
♣ Daun jangan dimasak, direbus atau dicuci dengan air panas karena khasiatnya akan hilang
♣ Ingat: hanya daunnya saja, bukan batangnya atau getahnya.
♣ Rasanya memang pahit sekali, tetapi tetap harus diminum.

Jambu biji atau jambu klutuk bisa juga digunakan sebagai Herbal
Daun dan buahnya dapat bermanfaat untuk obat demam berdarah, karena dapat meningkatkan kadar trombosit darah. Selain itu daunnya digunakan sebagai antidiare.
Senyawa aktif pada daun berfungsi sebagai antidiare adalah tannin. Ekstrak daun jambu dapat digunakan untuk membasmi bakteris mikroba penyebab diare yaitu Salmonella typhii, Eshercia Coli, dan Shigella Dysentriae
Bagian yang terbaik adalah daun yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Jika terlalu tua banyak, flavanoid yang dikandung daun jambu mengalami oksidasi sehingga dikhawatirkan kurang efektif. Pada daun muda kandungan flavanoidnya belum mencukupi.
Komposisi kimia di dalam daun jambu biji adalah golongan aldehid, guanine, eugenol, quercentin, tannin 9-12%, minyak atsiri, minyak lemak dan asam maleat.

@   Untuk pasien demam berdarah
Daun jambu biji sebanyak 5 lembar direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa segelas. Air rebusan diminum sehari sekali selama 3-4 hari.

Buang Air Besar Berlendir/Berdarah
Bahan :
Daun jambu biji 10 lembar (dipetik nomor 3 dari atas)
Daun patikan cina 1 genggam
Kunyit 1 buah (ukuran besar)
Jahe 1 jari tangan, dibakar dahulu sebentar
Cara membuat :
Kupas semua bahan, cuci lalu rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, saring lalu minum sesuai aturan.
Aturan minum :
Dewasa                         : 4 kali sehari 1/3 gelas
Anak usia 7-12 tahun      : 4 kali sehari 5 sendok makan
Anak usia 4-6 tahun        : 4 kali sehari 3 sendok makan
Anak usia 1-3 tahun        : 4 kali sehari 2 sendok makan

Sumber Trubus

Pengobatan demam berdarah.DAUN MELATI  
Rebus 7 lembar daun melati dan 1,25 gram belimbing dalam 250 ml air hingga menjadi 1 gelas air saja. Setelah dingin, saring dan minumkan pada penderita demam berdarah. Lakukan 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari.


♣♣♣♣♣

Perlu disimak

  • LOGIN