☆ pr0 c0mp ☆

Januari 08, 2012

POSDAYA ARUM ASRI

POSDAYA "ARUM ASRI"
 
Nama Pos Pemberdayaaan Keluarga atau Posdaya semakin hari semakin akrab di telinga kita, bukan hanya di kota-kota besar saja nama Posdaya menggema, tetapi sudah menjalar ke berbagai pelosok desa dan pedukuhan. Begitu juga di wilayah Kabupaten Malang, hampir seluruh penduduk desa di kabupaten itu telah akrab dengan Posdaya dan berbagai macam kegiatannya. 
                                                         
                                                                                                                                                                                            
Bapak H. Hadi Wasito dari LPM UM memberikan pengarahan calon penerima hibah DAMANDIRI
 

POSDAYA adalah forum komunikasi, silaturahmi, advokasi, penerangan dan pendidikan, sekaligus wadah kegiatan penguatan fungsi keluarga secara terpadu. Apabila memungkinkan Posdaya bisa dikembangkan sebagai wadah pelayanan keluarga secara terpadu, utamanya pelayanan kesehatan, pendidikan, wirausaha, dan pengembangan lingkungan yang memudahkan keluarga berkembang secara mandiri.
POSDAYA memberi dukungan pemberdayaan kepada keluarga dengan anak-anak di bawah usia 15 tahun, keluarga yang isterinya sedang mengandung, keluarga dengan remaja di bawah usia 25 tahun dan keluarga dengan anak dewasa. POSDAYA juga dapat dibentuk dengan dukungan anggota keluarga yang berusia lanjut, baik sebagai forum silaturahmi maupun untuk memberi kesempatan para lansia membantu keluarga yang lebih muda atau sebaliknya.
Upaya pemberdayaan yang ditawarkan dalam POSDAYA diarahkan untuk mendukung penyegaran fungsi keluarga, yaitu keagamaan, budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi dan kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan.
  Pengarahan tentang POSDAYA kepada para KADER

Pembentukan dan pengembangan POSDAYA dilakukan oleh anggota atau organisasi masyarakat seperti, organisasi sosial dan keagamaan seperti Pengurus Masjid, Panti Asuhan, lembaga lain atau perorangan. Pembentukan Posdaya bisa diprakarsai oleh lembaga pendidikan seperti pesantren /gereja/wihara/ sekolah melibatkan siswa/santri yang dibimbing para Guru/ustad/pastor (sebagai contoh bahwa  menolong sesama tidak dibatasi dengan agama). Posdaya dapat dikembangkan oleh Pemda dan seluruh aparatnya ditingkat kecamatan, desa, kelurahan, RW/RT namun tidak diperkenankan untuk mengatas namakan/embel-embel partai politik.
POSDAYA meliputi 5 bidang kegiatan yakni bidang agama, lingkungan hidup, kesehatan, pendidikan dan pengembangan ekonomi.
Pada tanggal 12 Desember 2011 terbentuklah POSDAYA Arum Asri yang berdomisili di RT 05 Perum Bumi Banjararum Asri, Singosari, Kab. Malang yang di bawah binaan POSDAYA Dahlia Sengkaling, LPM UM bekerjasama dengan LPM Universitas Merdeka Malang yang didanai langsung oleh DAMANDIRI.



Persiapan Kegiatan POSDAYA


 PEMERIKSAAN KESEHATAN


Kader " POSDAYA ARUM ASRI "


POS PEMBERDAYAAN KELUARGA  " ARUM ASRI "

Seluruh kegiatan POSDAYA diatas diharapkan bisa merangsang warga sekitar yang berkecukupan didaerah tersebut untuk dapat membantu keluarga yang kurang mampu dalam melakukan kegiatan ekonomi, wirausaha atau usaha koperasi melalui pengembangan kerjasama dalam usaha atau usaha bersama yang maju dan mandiri.

1 Comments:

  1. selamat atas terbentuknya posdaya ARUM ASRI di Perum Bumi Banjararum asri RT.05

    BalasHapus

silahkan tulis komentar anda

Perlu disimak

  • LOGIN