☆ pr0 c0mp ☆

Februari 20, 2012

BAKTI SOSIAL POSDAYA ARUM ASRI 2012


PERSEMBAHAN BAKTI SOSIAL
 POSDAYA “ARUM ASRI” dan
Yayasan Amal Sosial " Ash Shohwah " (YASA)  
Tahun 2012

Dalam upaya memberdayakan masyarakat melalui pos pemberdayaan keluarga (posdaya), hendaknya bisa dilakukan dengan diawali kegiatan yang mudah. Dengan demikian, masyarakat desa tertarik dan mampu melakukannya.
Seperti diketahui, posdaya adalah forum silaturahmi dan penggerak pemberdayaan oleh kalangan keluarga dan masyarakat secara mandiri. Posdaya Arum Asri, akhir-akhir ini telah berhasil menarik minat masyarakat dan sponsor. Beberapa perusahaan dengan kesadaran tinggi terlibat untuk sekadar berbagi dana corporate social responsibility (CSR) mereka untuk mengisi kegiatan posdaya di pedesaan.

Pemerintah yang dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2010 tentang pembangunan yang berkeadilan. Upaya tersebut menyangkut tiga program yang sangat penting, yaitu pembangunan pro rakyat yang mengarahkan upaya penanggulangan kemiskinan berbasis keluarga, berbasis pemberdayaan masyarakat dan,pemberdayaan ekonomi mikro dan kecil. Inpres itu juga menggariskan pentingnya upaya pembangunan berkeadilan yang ditujukan untuk anak, kaum perempuan, ketenagakerjaan, hukum dan reformasi hukum, fokus penanganan keluarga miskin dan keluarga yang terpinggirkan.

Posdaya Arum Asri mempunyai program kegiatan yang dilaksanakan setiap bulan antara lain  Posyandu Balita dan Manula, Pendidikan spiritual mental dan akhlaq untuk anak usia SD sampai dengan SMA serta kegiatan tahunan yaitu Bhakti Sosial Kemasyarakatan
Kegiatan yang berbasis Posyandu
Oleh karena posdaya mengharuskan penanganan kesehatan, keluarga berencana (KB) dan pemeliharaan kesehatan anak bawah lima tahun (balita), maka pengurus posdaya menganjurkan agar posyandu dihidupkan atau disegarkan kembali.
Tidak jarang pengurus posdaya bekerja keras mencari sponsor sebagai sumbangan berupa makanan bergizi untuk kegiatan posyandu secara rutin untuk anak-anak yang datang di posyandu. Dalam keadaan seperti itu, posdaya menjadi mitra kerja yang sangat efektif untuk pembinaan Posyandu.

Tidak jarang pengurus posdaya menjadi pemrakarsa atau menghidupkan kembali program dan kegiatan-kegiatan posyandu yang di masa lalu sangat marak. Salah satu contohnya, posdaya menjadi acuan beberapa perusahaan untuk membantu lewat program Kartu Menuju Sehat (KMS).

Pengurus posdaya bekerja sama dengan perusahaan mencetak KMS agar posyandu dapat aktif menimbang bayi dan anak balita dengan pencatatan yang teratur. Di bagian lain posdaya menjadi perantara untuk mencari sumbangan bagi pengembangan usaha ekonomi mikro dan koperasi dari dana CSR perusahaan yang bersangkutan. Posdaya juga memfasilitasi sumbangan untuk makanan contoh yang kaya gizi sehingga keluarga yang datang ke posyandu dapat mengolah makanan secara mandiri dengan contoh yang diberikan di posyandu tersebut.

Perbaikan gizi anak balita tidak bisa hanya dengan makanan bergizi sebulan satu kali di posyandu tetapi harus dengan teratur diberikan sebagai makanan bergizi setiap hari. Oleh karena itu, tiap dapat keluarga membangun Kebun Bergizi di halaman rumah masing-masing. Yang diharapkan halaman mereka akan menghasilkan sayuran, yang akan diolah bersama telor, daging guna memenuhi kebutuhan makanan bergizi.
Dalam gelar posdaya itu akan diundang semua pengurus posdaya dan ketua tim

Pada awal tahun 2012 tepatnya pada tanggal 19 Februari Posdaya Arum Asri telah   melaksanakan   kegiatan   bakti   sosial   yang   bekerja sama   dengan   Yayasan Amal Sosial  Ash Shohwah (YASA) dan berjalan dengan sukses, adapun kegiatan tersebut antara lain : Penampilan Marching band Nurus Salam dari siswa MI Al Maarif 05 Banjararum, Bazar, penjualan pakaian murah, pemeriksaan kesehatan gratis, pengobatan Ruqyah gratis dan penjualan paket sembako murah dan ikut medukung acara tersebut beberapa perusahaan swasta  antara lain dari Sanbe Farma, dan Dealer Honda Kartika Sari Malang
Pelaksanaan tersebut ditinjau langsung oleh Bapak Hadi Wasito selaku Pembina Posdaya dari LPM UM bekerjasama dengan LPM Universitas Merdeka Malang dan dihadiri oleh Mahasiswa UM yang langsung di bawah pendampingan Bpk Hartono selaku Dosen UM.

Kami tampilkan Klip  foto kegiatan Posdaya "ARUM ASRI"  
 
 serta dibawah ini merupakan beberapa foto kegiatan baksos Posdaya Arum Asri yang diselenggarakan pada 19 Februari 2012


Foto Kegiatan Bakti Sosial POSDAYA ARUM ASRI
Bekerja sama dengan YAYASAN AMAL SOSIAL ASH SHOHWAH
Perum Bumi Banjararum Asri Singosari Kabupaten Malang



Pendukung kegiatan Bakti sosial POSDAYA "ARUM ASRI"


Perbincangan antara ketua posdaya "Arum Asri" 
Ibu Eva Rusdianto dengan  Bapak Hadi Wasito selaku Pembina


Penimbangan Balita di Posyandu
  

DrumbBand " Nurus Salam " Siswa-siswi MI Al Maarif 05 Banjararum,Singosari
Pembicaraan langsung dengan masyarakat

                                                                             
Penjualan sembako murah
 

Pengobatan Ruqyah
                                       


Bekerja sama dengan YAYASAN AMAL SOSIAL "ASH SHOHWAH "


         mulyo007.blogspot.com


3 Comments:

silahkan tulis komentar anda

Perlu disimak

  • LOGIN