☆ pr0 c0mp ☆

Agustus 19, 2023

Memupuk Nasionalisme, Warga RT.05 RW.11 Perum Bumi Banjararum Asri Singosari Gelar Upacara HUT RI 78

Kamis pagi (17/8/2023) di lapangan RT.05 RW.11 Perumahan Bumi Banjararum Asri, desa Banjararum, kecamatan Singosari, kabupaten Malang dilangsungkan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia oleh sebagian warga.


Upacara tersebut diikuti sebagian warga  yang terdiri dari tokoh masyarakat, ibu-ibu PKK, karang taruna maupun anak-anak.

Berbagai profesi pekerjaan , warga antusias sekali, karena baru pertama kali Upacara Bendera HUT RI 78 tahun 2023 dilakukan oleh warga tingkat RT. dan bertindak sebagai pembina upacara Bapak A.Boyadi yang juga selaku Ketua RT. 05. Pemimpin upacara Bapak A.Sodik, Pengibar Bendera 3 orang yakni  Bapak Wasik, Bapak Hanif dan Bapak Agus Sriwidodo, Pembaca teks Proklamasi Bapak Mariyono, Pembaca Pembukaan UUD 45 Bapak Made Adi, Pembaca doa Bapak Teguh, Pemimpin lagu nasional Ibu Sutini dan Pembawa teks Pancasila Sdr. Farhan.


Peserta upacara terbagi menjadi empat pleton. Dengan masing-masing pemimpin. Pleton 1 oleh Bapak Sih Yuliawan, pleton 2 oleh Bapak Ponco Kelono, pleton 3 Bapak Agus Pujianto dan pleton 4 oleh Bapak Agung. Selaku protokol upacara Bapak Jemmy dan Pembawa acara Bapak Santoso.

Bapak Boyadi selaku Ketua RT. 05  Rw.11 , mengungkapkan, upacara peringatan HUT ke-78 RI di wilayahnya kali pertama diadakan. Ia menegaskan, tujuannya adalah untuk memupuk rasa nasionalisme warga terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).   “Dengan upacara ini, kami mengajak seluruh warga RT. 05 RW.11 untuk terus mencintai NKRI. Mari kita rawat dan jaga hasil perjuangan para Pahlawan yang telah berhasil merebut NKRI,” kata Bapak Boyadi dan juga  juga  mengajak kepada warganya untuk selalu menjaga kerukunan antar tetangga. Di tingkat RT itu yang terpenting adalah kerukunan, gotong royong dan saling membantu antar sesama.
“Mari kita jadikan tetangga seperti saudara sendiri. Karena ada apa-apa pasti yang pertama menolong adalah tetangga. Untuk itu, di momen kemerdekaan RI, selain kita selalu mengenang jasa para pahlawan juga merukunkan antar sesama,” ujar Bapak A. Boyadi.
Dengan adanya kegiatan ini terlihat warga yang menjadi peserta sangat antusias mengikuti jalannya upacara. Sejumlah komentar warga pun beragam.

Bapak Imam Imam mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat. Dan ini harus dilanjutkan ke depannya dengan jumlah peserta yang lebih banyak.

“Jujur, saya sangat berkesan sekali, selama saya tinggal di sini baru kali ini warga RT.05 melaksanakan upacara bendera walaupun dengan rencana dan waktu latihan petugas sangat singkat. Pelaksanaanya dapat berhasil dengan baik dan lancar. Ke depan agar lebih ditingkatkan lagi,” ungkap Bapak Imam yang juga pensiunan TNI.

Anggota karang taruna Sdri, Icha mengaku bangga bisa mengikuti upacara Kemerdekaan RI, meski tingkat RT.

“Ini pengalam yang sangat baik, terutama untuk menumbuhkan dan memupuk rasa nasionalisme kepada generasi muda,” kata dia.

Perwakilan PKK Ibu, Ani Sodik menyebut, kegiatan ini sangat bagus, terutama untuk ibu-ibu PKK. Karena juga untuk meningkatkan tali silaturahmi.

“Berharap tahun depan dilaksanakan kembali,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Pengibar Bendera , Bapak Wasik mengatakan, baru kali pertama menjadi Anggota Pengibar Bendera, meski hanya tingkat RT, tetapi rasanya deg-degan.

“Memang kuncinya adalah latihan dan disiplin. Ini baru pertama kali, makanya saya deg-degan,” ucap Bapak Wasik.

Selesai upacara ini juga dipilih tiga pasangan serasi. Masing-masing, pasangan Bapak A.Boyadi bersama istri, Bapak A.Sodik beserta istri dan pasangan Bapak Mariyono bersama istri. Mereka mendapatkan doorprize sumbangan sepontanitas dari salah satu warga .

Usai upacara dilanjutkan silaturahmi dan ramah tama  (D'Sant2023)

0 Comments:

Posting Komentar

silahkan tulis komentar anda

Perlu disimak

  • LOGIN